Pages

Subscribe:

Rabu, 07 September 2011

Tips memilih warna bagi rumah anda

Bagaimana anda memilih warna rumah anda? Memilih warna cat rumah secara seksama adalah bagian yang penting agar rumah yang anda tempatin terlihat indah dan nyaman dipandang mata. Sebagaimana kita ketahui bahwa warna dapat memberi lebih dari sekadar keindahan pada rumah Anda, tetapi yang terlebih penting lagi adalah pemilihan warna yang sesuai dapat memiliki pengaruh dalam mood atau suasana hati seseorang. Apa saja? Yakni warna cerah dan berkilau akan berpengaruh pada penambahan semangat, warna pastel akan membuat suasana tenang dan rileks.
Karena alasan itulah maka banyak orang yang takut tidak cocok dan dianggap berlebihan dalam pemilihan warna, sehingga kebanyakan orang menggunakan warna-warna netral seperti putih, krem atau abu-abu untuk mengecat seluruh rumah sehingga tidak dapat menggambarkan diri penghuni.
Sedikit ulasan diatas akan mengingatkan pada kita pentingnya warna, sehingga bila anda berencana mengecat rumah dengan warna baru, maka alangkah baiknya bila anda mengenal makna yang digambarkan dari warna tertentu.
color-wheelGambar disamping merupakan Color Wheel atau Roda Warna, yang menggambarkan susunan warna. Dimana warna yang terletak pada posisi yang langsung berlawanan pada Color Wheel satu dengan yang lain disebut warna yang saling melengkapi. Bilamana warna tersebut diletakkan berdampingan, maka akan menambah intensitas warna atau disebut sebagai warna yang berani.
Bilamana anda memilih warna yang lebih konservatif dan bukan warna berani, maka pilihlah beberapa variasi terang dan gelap pada warna yang sama. Misalnya memilih hijau tua dan hijau muda, dimana warna tersebut disebut sebagai warna monokromatik.
Arti dan pengaruh Warna Rumah
Dibawah ini merupakan keterangan beberapa pilihan warna cat serta penjelasan makna dan pengaruhnya bagi suasana hati Anda:
  • Warna merah. Merah menggambarkan energi penuh, aktif, hangat dan bersemangat tetapi bilamana warna merah secara berlebihan dapat memberikan kesan kemarahan dan ambisi.
  • Warna Putih. Warna putih merupakan warna netral yang cocok diaplikasikan dengan apapun. Putih menggambarkan kebersihan, kepolosan dan kemurnian dan penggunaanya pada ruangan akan memberikan kesan lebih besar pada ruangan yang bersangkutan, dan bila berlebihan akan menggambarkan steril dan dingin. Bilamana anda memiliki dapur modern maka warna ini juga cocok untuk menunjukkan kebersihan dapur Anda.
  • Warna Kuning. Warna ini sering diartikan energi yang baik dan semangat dan seringpula disamakan dengan warna emas yang menggambarkan kemakmuran dan kemewahan. Penggunaan kuning dapat diaplikasikan dalam ruang kerja.
  • Warna Biru. warna ini merupakan warna laut dan langit yang mengesankan ketenangan, kesunyian, kedamaian, kenyamanan dan perlindungan dan memberikan efek atau kesan lega dan luas. Sangat cocok digunakan untuk kamar tidur.
  • Warna Orange. terkesan akan keceriaan, hangat, bahagia, penuh energi dan membangkitkan semangat. Cocok untuk ruang makan.
  • Warna Hijau. Adalah warna yang menggambarkan alam, memberikan suasana harmonis, teduh santai, alami, menyejukkan, menyegarkan dan menenangkan. Ruang tidur cocok dengan warna ini
  • Warna Coklat. Merupakan salah satu warna alam yang memberikan kesan hangat, nyaman, alami, akrab dan ketenangan. Coklat bisa digunakan pada ruangan yang terlalu besar agar tidak menimbulkan kesan dingin.
  • Warna Abu-abu. Biasanya sering digunakan bagi rumah dengan gaya minimalis. Akan memberikan kesan suasana stabil, luas, menentramkan, tetapi bila terlalu banyak menggunakan warna ini akan membuat suasana dingin dan luas secara berlebihan.
Perubahan suasana ini bisa anda lakukan tanpa harus mengecat rumah secara keseluruhan. Bagaimana caranya? Yang anda perlukan hanyalah menata ulang interior ruangan, misal dengan tetap membiarkan dinding dengan warna netral dan warna warna dapat diaplikasikan pada lampu meja, karpet, gorden, sofa, sprei, meja, cover cushion bantal sofa, atau pada pajangan yang diletakkan dalam ruangan. Warna warna perabot rumah tangga ini yang akan memberi warna pada ruangan anda.
Bilamana anda menggunakan warna turunan, dapat pula diaplikasikan lebih dari satu warna dalam ruangan, dimana warna ruangan dapat pula beraneka warna tetapi harus ada penghubung sehingga rumah tetap terasa sebagai satu kesatuan. Dengan pengetahuan penggunaan dan pemilihan warna, maka anda dapat mengekspresikan diri secara bebas saat melakukan renovasi rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar